Pasar industri layanan perawatan dan perbaikan pesawat udara berkembang cukup pesat dan akan terus tumbuh berkembang di kawasan ASEAN, khususnya Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) memiliki kerjasama dengan PT. GMF AeroAsia Tbk. yang merupakan industri aviasi terkemuka di Indonesia bahkan tingkat Asia dan dunia. PT. GMF AeroAsia Tbk. sebagai industri penyedia layanan maintenance, repair, and overhaul (MRO) pesawat udara terbesar di Indonesia dengan visi menjadi 10 besar MRO dunia (2020). PT GMF AeroAsia Tbk. bekerjasama dengan POLINEMA untuk menjalankan kelas Basic Aircraft Maintenance (AMTO) pada bidang keahlian Airframe Powerplant (AP) dan Electrical Avionics (EA) di bawah Program Studi Diploma Tiga (D-III) Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara (Prodi TPPU) Jurusan Teknik Mesin.

Kurikulum kelas ini (Prodi TPPU) dikembangkan oleh PT GMF AeroAsia Tbk. dan POLINEMA yang telah disetujui oleh Departemen Perhubungan Udara Republik Indonesia, guna memenuhi peraturan – peraturan keselamatan penerbangan sipil (Civil Aviation Safety Regulations, CASR) dan peraturan – peraturan pendidikan tinggi. Lulusan program ini akan memperoleh Ijazah D-III sekaligus berkesempatan untuk mengikuti Sertifikasi Basic Aircraft Maintenance (Basic Licence) sesuai CASR 65 yang berlaku secara internasional sebagai landasan kerja dan jaminan untuk melanjutkan pendidikan formal / non formal pada jenjang lebih tinggi.

Calon mahasiswa diseleksi oleh Polinema dengan mendapatkan approval/ persetujuan dari PT GMF AeroAsia Tbk, dengan beberapa tahap seleksi.

Keunggulan Program ini :

  1. Lulusan mendapatkan Ijazah D-IIIdan berkempatan mengikuti Sertifikat Basic Aircratf Maintenance sesuai CASR 65, yang berlaku secara internasional, untuk bekerja pada bidang perawatan pesawat udara;
  2. Pada semester 5 atau 6, mahasiswa mengikuti magang kerja di industri aviasi yang memiliki kerjasama dengan Polinema (PT GMF AeroAsia Tbk. dan atau industri aviasi lain);
  3. Mengedepankan pendidikan kedisiplinan dan character building yang tegas;
  4. Fasilitas yang lengkap (hanggar dengan 3 pesawat) dan diajar oleh dosen bersertifikat Departemen Perhubungan Udara serta praktisi industry aviasi yang berpengalaman.

Pendaftaran melalui SBMPN dibuka pada 10 Mei – 10 Juni 2021

Info lebih lanjut http://spmb.polinema.ac.id

Contact Person Utsman Syah Amrullah (No: 0819-4489-0506)

Translate »